Tiket Masuk Taman Sari

Tiket Masuk Taman Sari

NamaTaman Sari
Harga TiketWisatawan Lokal : 5k / Wisatawan Mancanegara : 12k
Jam Buka08.00 – 17.00
Alamat LokasiJl kompleks Taman Sari, Patehan, Kec Kraton, Yogyakarta

Tiket masuk Taman Sari tergolong cukup murah. Oleh karena itu tempat wisata ini sebaiknya tidak dilewatkan ketika mengunjungi kota Jogjakarta. Apalagi kondisi bangunan taman sari yang tergolong unik.

Desain bangunan taman sari merupakan perpaduan antara budaya jawa dengan Portugis. Pembangunan taman ini merupakan bagian dari landmarks Keraton Yogyakarta. Namun kini bangunan tersebut dijadikan sebagai tempat wisata.

Taman Sari mempunyai luas sebesar ±10 hektare. Untuk pembangunannya dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada 1758 – 1765. Awalnya taman ini mempunyai nama sebagai The Fragrant Garden.

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Tiket Masuk Taman Sari

Untuk harga tiket masuk Taman Sari tergolong cukup murah. Tiket masuk Taman Sari hanya terbagi ke dalam 2 kategori, yaitu wisatawan domestik dan mancanegara.

Tarif kontribusi masuk Tamansari untuk wisatawan lokal sebesar 5.000 IDR. Sedangkan untuk tiket masuk Taman Sari terbaru bagi wisatawan mancanegara adalah 12.000 IDR.

Waktu operasional taman sari setiap hari. Taman ini dibuka mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Lokasi Taman Sari

Taman Sari Jogja terletak Jl kompleks Taman Sari, Patehan, Kec Kraton, Yogyakarta. Akses menuju ke tempat wisata ini sangat mudah. Ada berbagai jenis transportasi yang akan membawa para wisatawan mengunjungi tempat ini.

Rute Menuju Lokasi

Untuk wisatawan yang hendak menggunakan BRT, dapat turun di halte Tj MT Haryono atau II. Selain BRT, dapat juga menggunakan jasa alat transportasi online ojek maupun taxi.

Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada Map Wisata Taman Sari

Fasilitas Taman Sari

Sebagai salah satu bangunan Keraton yang dibuka untuk umum sebagai tempat wisata, taman ini telah disediakan fasilitas – fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari tempat parkir, toilet, tempat ibadah dan lain – lain.

Di antara fasilitas lainnya, fasilitas utama dari Taman Sari adalah bangunan dan halaman taman itu sendiri. Kompleks Taman Sari terbagi ke dalam 4 bagian, yaitu :

Danau Buatan Segaran

Tiket Masuk Taman Sari
By : instagram.com/alfiraazraa

Danau buatan, mulanya berfungsi sebagai tempat memelihara ikan dan bersampan Sultan dengan anggota keluarga kerajaan. Sayangnya kini danau buatan segaran telah tidak berfungsi lagi dan menjadi pemukiman kampung taman.

Di sekitar danau terdapat bangunan yang terdapat di tengah danau dan 2 Pulau kecil buatan. Pulau yang pertama adalah pulau Kenongo. Pulau ini dipenuhi dengan jajaran pohon kenanga dan terdapat sebuah gedung berlantai 2.

Dari atas gedung dapat menyaksikan kawasan Keraton Yogyakarta. Pada bagian selatan pulau, terdapat beberapa bangunan kecil yang disebut dengan tajug. Bangunan tersebut merupakan ventilasi udara terowongan bawah tanah.

Pulau yang kedua adalah pulau Cemethi atau Panembung. Di pulau ini terdapat sebuah sumur yang bernama sumur Gumuling. Konon, sumur ini digunakan sultan untuk meditasi. Sumur tersebut seperti menggantung di atas tanah.

Sumur Gumuling sendiri bukanlah sebuah sumur seperti pada umumnya. Namun sebuah bangunan yang berlantai 2, yang kini dijadikan sebagai masjid. Untuk dapat mencapai sumur, harus melewati terowongan bawah tanah bawah air terlebih dahulu.

Sumur Gumuling dengan terowongan bawah tanah merupakan bagian paling unik dari taman sari ini. Karena hanya terowongan bawah tanah ini yang dianggap aman untuk dieksplorasi. Tidak seperti terowongan bawah tanah lain yang mempunyai kesan misterius dan menyeramkan lantaran peninggalan kolonial Belanda.

Kompleks Pemandian Umbul Binangun

Tiket Masuk Taman Sari
By : instagram.com/akprass

Bagian ini terdiri dari beberapa 5 bangunan dan kolam pemandian. Bangunan pertama adalah gedung Gapura Hageng. Bangunan ini merupakan gerbang masuk utama. Bangunan ini terdapat beberapa ruangan dan 2 buah jenjang yang dihiasi relief bunga serta burung.

Bangunan kedua adalah gedung lopak – lopak atau gopok – gopok. Bagian ini merupakan halaman luas yang terdapat berbagai macam pintu. Pintu tersebut merupakan jalan menuju ke bagian lain dari taman sari.

Sedangkan bangunan ketiga adalah gedung Sekawan. Bangunan ini terletak di sebelah timur umbul pasiraman. Bangunan ini digunakan sebagai tempat istirahat sultan dan keluarga.

Sementara bangunan keempat yaitu gedung Gapura Panggung. Di dalam bangunan ini terdapat patung ular naga. Sayangnya kini patung naga hanya tersisa 2 buah patung.

Bangunan yang kelima adalah gedung Temanten. Mulanya bangunan ini berfungsi sebagai tempat istirahat penjaga taman.

Bagian utama dari kompleks ini adalah Umbul Pasiraman atau Binangun. Di tempat ini terdapat 2 buah kolam pemandian anggota kerajaan.

Tempat ini merupakan tempat yang cukup istimewa bagi pengunjung. Sebab perpaduan antara jawa dengan eropa sangat kental. Untuk itu banyak wisatawan yang mengekspos tempat ini.

Pasarean Dalem

Tiket Masuk Taman Sari
By : instagram.com/inddahdwi

Bentuk bangunan ini mirip dengan huruf U. Di tengah bangunan terdapat ranjang dan beberapa ruangan. Ruang tersebut meliputi dapur, gudang, ruang penjahit dan 2 buah kolam kecil.

Tempat ini memang tidak begitu menarik dan menonjol. Sebab bagian ini terkesan biasa dan karakter bangunan yang kurang menonjol.

Jembatan Gantung

Tiket Masuk Taman Sari
By : instagram.com/afika_aisyah_dewi

Jembatan gantung juga menjadi daya tarik dari taman sari ini. Walaupun hanya tersisa puing jembatan yang telah tidak difungsikan lagi.

Jembatan gantung ini mulanya menghubungkan kompleks Magangan dan Kamandhungan Kidul. Pada bagian barat jembatan gantung terdapat sebuah dermaga yang merupakan gerbang masuk ke Taman Sari dengan menggunakan sampan.

Tips Wisata ke Taman Sari

Banyak sekali yang bisa kita nikmati di Taman Sari ini. Terlebih lagi jika anda merupakan orang yang gemar berfoto foto, tentunya banyak sekali spot menarik yang instagramable yang bisa anda gunakan untuk menghiasi feed instagram anda. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Taman Sari, berikut tips yang bisa anda coba :

  1. Untuk anda yang memang tidak ingin kehilangan moment untuk bisa berfoto di Taman Sari, usahakan untuk belajar antre. Hal ini diperlukan karena banyaknya pengunjung yang sama sama ingin mendapatkan foto di spot yang ada di Taman Sari,
  2. sikap dewasa menjadi hal yang sangat penting untuk bisa belajar saling memahami dan bergantian. Mungkin, sangat disarankan untuk datang pertengahan waktu, karena semakin sore semakin banyak pula pengunjung yang datang ke Taman Sari,
  3. jika anda membawa makanan, usahakan sampah dari makanan tersebut anda buang pada tempatnya,
  4. untuk selebihnya anda bisa menanyakan pada Guide Taman Sari, bahkan persoalan tentang lokasi yang bisa anda gunakan untuk sesi foto prewedding.

Gambar Wisata Taman Sari

Tiket Masuk Taman Sari
By : instagram.com/origintake_
Tiket Masuk Taman Sari
By : instagram.com/elinpelinh
Tiket Masuk Taman Sari
By : instagram.com/nisafakhrun

Baca Juga : Tiket Masuk Candi Prambanan

Itulah review lengkap mengenai tiket masuk Taman Sari dan fasilitas objek wisata. Walaupun beberapa bagian gedung taman ini telah menjadi puing dan beberapa bagian kompleks taman juga telah dijadikan sebagai pemukiman. Sehingga tidak dapat menyaksikan kondisi taman secara utuh. namun masih masih layak untuk dieksplorasi.

Leave a Comment