Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis Jogja

NamaPantai Parangtritis Jogja
Harga Tiket5.000
Jam Buka07.00 – 21.00
Alamat LokasiDesa Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogya

Wisata Pantai Parangtritis – Objek wisata keren sangat banyak ditemukan di Jogja, terutama objek wisata pantai. Seperti yang kita ketahui ada pantai Samas, Kukup, Baron, Glagah hingga Parangtritis. Yang tidak hanya terkenal dengan keindahan sunsetnya, tapi juga mitos-mitosnya.

Jika diperhatikan lagi, Pantai Parangtritis dikelilingi dengan gunung-gunung pasir atau yang biasa disebut Gumuk. Ombak di Pantai Parangtritis juga termasuk yang terbesar. Yang tentunya membuat pesona alamnya diminati oleh banyak orang.

Untuk tiket masuk pantai parangtritis juga cukup murah. Perlu diketahui, objek wisata Pantai Parangtritis dikelola oleh Pemerintah dengan cukup baik. Di sana sudah tersedia fasilitas penginapan seperti hotel, ATV, dokar/kereta kuda, sampai souvenir untuk oleh-oleh.

Sebelum kamu pergi ke sana, ada baiknya membaca kembali ada apa saja di Pantai Parangtritis ini.

Sejarah Pantai Parangtritis

Di balik nama besar Pantai Parangtritis telah berkembang mitos cukup banyak di masyarakat. Pantai ini seakan menyimpan seribu rahasia di balik keindahannya. Menurut masyarakat, semua dimulai dari seorang bernama Dipokusumo yang lari dari kerajaan Majapahit.

Ketika Dipokusumo sedang semedi ia melihat dari celah batu karang meneteskan air. Dalam bahasa Jawa, karang itu disebut “paran” sementara air yang menetes disebut “tumatitis”, penggabungan dari dua kata tersebut akhirnya dijadikan nama Pantai Parangtritis. Itulah cerita singkat asal-usul nama Pantai Parangtritis.

Masyarakat meyakini bahwa Pantai Parangtritis merupakan salah satu wujud kesatuan trimurti Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Merapi sebagai elemen api, Pantai Parangtritis sebagai elemen air, dan Keraton sebagai penyeimbang. Semua elemen tersebut membentuk garis lurus ke selatan Jogja.

Misteri/Mitos Pantai Parangtritis

Semua tempat wisata memiliki mitosnya sendiri sendiri, sama halnya dengan Candi Prambanan yang sudah kami ulas sebelumnya. Mitos yang terkenal dari Pantai Parangtritis adalah adanya pintu istana Kerajaan Laut Selatan yang dipimpin oleh Ratu Selatan bernama Nyai Roro Kidul. Konon, Nyai Roro Kidul ini sangat suka dengan warna hijau, jadi bagi pengunjung Pantai Parangtritis dilarang memakai baju warna hijau di Pantai Parangtritis.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, pengunjung diwajibkan untuk berhati-hati karena tingginya ombak di Pantai ini. Pihak pengelola juga sudah melarang pengunjung untuk mandi di sini karena landskap Pantai Parangtritis yang curam dan membahayakan.

Selain itu, menurut masyarakat Pantai Parangtritis ini pernah menjadi tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga setelah Panembahan Senopati menjalani pertapaan. Hal tersebut yang menjadikan Pantai Parangtris menjadi salah satu tempat meditasi dan juga tempat berlangsungnya Upcara Labuhan dari Keraton Jogja.

Daya Tarik

Pantai Parangtritis Jogja
By : instagram.com/diah819

Mari mengesampingkan mitos-mitos yang beredar di masyarakat mengenai Pantai Parangtritis ini dan melihat apa saja daya tariknya sebagai Pantai terpopuler di Jogja.

Sunset

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa untuk menikmati sunset di Jogja terbaik ada di Pantai Parangtritis. Tidak hanya melihat matahari turun yang memancarkan sinar kuning kemudian menghilang, di sana terdapat bukit kecil serta awan-awan yang indah sekali. Keindahan tersebut semakin lengkap dengan hadirnya hembusan angin di Pantai ini.

Bukit Parangndog

Buat kamu yang ingin memacu adrenalin bisa mengunjungi Bukit Parangndog ini yang letaknya di sebelah timur Pantai, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Gunung Kidul dan Bantul. Di Bukit Parangndog terdapat fasilitas paralayang dan gantole, hanya saja untuk bisa ke sana kamu harus melewati medan yang lumayan susah. Namun, pemandangan yang ada du sana sangat indah, kamu bisa melihat dengan lebih jelas.

Dokar

Pengelola Pantai Parangtritis menyediakan dokar yang bisa kamu sewa untuk berkeliling di Pantai ini. Dokar juga cocok sebagai properti foto-foto. Harga sewa dokar sekitar Rp20.000 untuk sekali putaran, harga sewa tersebut berbeda dengan harga tiket masuk Pantai Parangtritis.

Main ATV

Di Pantai Parangtritis sudah disediakan persewaan ATV (All Terrain Vehicle), sebuah kendaraan kecil dengan roda empat. Cara mengemudinya mirip dengan motor. Kendaraan ini sangat cocok digunakan di jalan berpasir. Harga sewanya Rp50.000/15 menit, cukup mahal.

Bakar Jagung

Jangan salah, di Pantai Parangtritis pun ada yang menjual makanan loh, salah satunya Jagung Bakar. Pembeli cukup duduk saja sambil melihat penjual membakar jagung pesanan dan melihat indahnya Pantai Parangtritis. Harga jagung bakar hanya Rp15.000-Rp20.000/potong.

Fasilitas

Baik di dalam atau di sekitar Pantai Parangtritis terdapat banyak fasilitas mendukung kegiatan kamu berwisata, simak di bawah ini.

Hotel atau Penginapan

Jangan khawatir tidak mendapatkan tempat singgah sementara ketika di Pantai Parangtritis karena di sekitar pantai ada penginapan yang cukup lengkap, mulai dari harga Rp70.000 hingga hotel dengan tarif menginap Rp500.000 per malam. Semua tergantung fasilitas dari masing-masing penginapan, ada pula hotel yang menawarkan view pantai menarik.

Restoran

Seperti yang sudah kami ulas di atas, ada penjual makanan jagung bakar di bibir pantai, ada juga penjual makanan berat di sekitaran pantai dengan harga yang bervariasi, gak usah takut kelaparan kalau di sini!

Sewa Payung

Kalau kamu ke Pantai Parangtritis siang hari dan tidak bisa kena matahari langsung, bisa menyewa payung dengan harga Rp20.000 per sekali pakai. Payungnya lumayan lebar bisa muat untuk 5 orang.

Pemandian

Pengunjung tidak diperbolehkan mandi di Pantai Parangtritis untuk itu disediakan pemaindian khusus yang ada di kawasan pantai. Pemandian ini cukup lengkap, ada air dingin, panas, untuk orang dewasa dan anak-anak.

Paralayang

Untuk memacu adrenalin kamu bisa mencoba fasilitas yang satu ini. Tempatnya ada di atas bukit di tepi Pantai Parangtritis. Paralayang akan membawamu terbang tinggi di atas perairan, sehingga bisa menikmati birunya laut dan hembusan angin.

Fasilitas lain yang ada di pantai ini adalah lahar parkir luas dan pedagang oleh-oleh.

Alamat

Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogya. Silakan klik maps di atas jika merasa masih kebingungan.

Rute

  • Kamu bisa menuju ke Pantai Parangtritis dengan naik angkutan umum. Naiklah bus dari Terminal Giwangan arah Jogja-Parangtritis, maka kamu langsung turun ke tujuan.
  • Rute lain adalah naik Trans Jogja deket Malioboro, lalu naik Trans Jogja 3A hingga ke Terminal Giwangan.
  • Jika kamu datang dari Stasiun Lempuyangan bisa naik Trans Jogja 4B menuju Terminal Giwangan. Rute bus dari Terminal Giwangan langsung ke Parangtritis.

Jam Buka

Kamu bisa mengunjungi Pantai Parangtritis setiap pukul 07.00-21.00 WIB, jangan sampai kepagian atau kemalaman. Namun, kadang pantai ini bisa dibuka 24 jam jika memasuki musim liburan atau weekends.

Harga Tiket

Berikut adalah harga tiket masuk Pantai Parangtritis, harga parkir kendaraan, dan tarif wahana.

KategoriHarga
Tiket MasukRp5.000/orang
Sewa DokarRp20.000/putaran
Sewa PayungRp20.000/sekali pakai
ATVRp50.000/15 menit
Jagung BakarRp15.000-Rp20.000/potong
Parkir MotorRp2.000/kendaraan
Parkir MobilRp5.000/kendaran

Tips

  • Jika kamu termasuk orang yang sensitif terhadap paparan langsung sinar matahari ada baiknya gunakan tabir surya, topi dan kacamata hitam.
  • Lebih baik tidak memakai baju hijau.
  • Bawa baju ganti.
  • Bawa uang cukup.
  • Awasi anak-anak jangan sampai terlalu dekat dengan air laut.
  • Bawa smartphone dan kamera full baterai.

Gambar Wisata Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Jogja
By : instagram.com/tatta_akhdiyat
Pantai Parangtritis Jogja
By : instagram.com/suryojdb
Pantai Parangtritis Jogja
By : instagram.com/ghinasalsabilla98

Baca Artikel Tentang : Tiket Masuk Taman Sari

Cukup meraik bukan informasi yang bisa diberikan disini terkait dengan tiket masuk Pantai Parangtritis dengan segudang fasilitas yang disediakan. Nah, jadi kapan kota bisa kesini bareng?

Leave a Comment