Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak

NamaPantai Kondang Merak
Harga Tiket10.000
Jam Buka
Alamat LokasiDesa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Pantai Kondang Merak merupakan salah satu pantai yang ada di pesisir selatan tepatnya di tepi Samudera Indonesia. Secara administratif, pantai ini berlokasi di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Kondang Merak ini memang sudah cukup dikenal bagi wisatawan Malang Raya. Bahkan tidak jarang pantai ini sudah menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal maupun asing untuk snorkeling. Keunggulan pantai ini dijadikan sebagai tempat snorkeling adalah keindahan bawah lautnya.

Penamaan pantai dikarenakan pantai ini mempunyai kondang yaitu muara yang mempertemukan air tawar dan laut yang dahulunya banyak dihuni burung merak. Sekitar tahun 1980-an, burung merak tersebut mulai punah karena adanya penangkapan liar. Panorama yang disajikan Kondang Merak memang cukup memikat. Selain itu, garis pantainya juga lumayan panjang, kurang lebih 800 meter.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Malang

Pasirnya berwarna putih bersih dan pepohonan di pinggir pantai akan membuat nyaman suasana di sana. Pantainya sedikit berlumut dan mempunyai banyak terumbu karang, spons, dan juga kerang di sekitar pantainya. Di bagian tepi pantai, bisa menemukan berbagai macam binatang laut seperti gurita kecil, landak laut, mentimun laut, ikan-ikan kecil maupun lobster yang bersembunyi disela-sela karang.

Suasana dan Kondisi Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak
By : instagram.com/livyah08

Berbicara mengenai suasana di Pantai Kondang Merak ini, bisa dikatakan bahwa gelombangnya tidak terlalu besar karena akan terpecah dengan keberadaan batu karang menjulang berjajar pada radius sekitar 200 meter dari bibir pantai. Jika dihitung, kurang lebih ada lima titik batu karang yang menjadi pemecah ombak. Karang-karang yang berada disekeliling Pantai Kondang Merak ini seakan menambah keindahan pantainya. Sebab gelombangnya terpecah itulah, Pantai Kondang Merak sering dijadikan sebagai tempat singgah para nelayan.

Pantai ini kerap menjadi terminal perahu nelayan bermesin tunggal. Di pinggir pantai, bisa ditemukan transaksi jual beli ikan hasil tangkapan para nelayan. Adapun jenis ikan yang menjadi tangkapan nelayan seperti tuna, ikan kakap dan gurita. Para nelayan pun juga membuat perkampungan, sehingga membuat suasana selalu hidup, baik itu siang ataupun malam. Pantai ini bisa dikaakan nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung dan aktivitas.

Selain itu, di Pantai Kondang Merak ini, para pengunjung bisa merasakan beragam kuliner unik yang nyaris tidak akan ditemukan di tempat lain. Di sekitar pantai terdapat banyak warung makan yang menyediakan ikan segar. Salah makanan andalan yang disajikan adalah sate tuna. Selain sajian sate tuna bisa, turut juga tersedia beragam menu dengan bahan dasar ikan laut seperti gurita saus tiram, gurita asem manis, kuah pedas kepala ikan laut, dan juga fish kebab. Sebelum pulang, tidak jarang para wisatawan menyempatkan untuk membeli ikan tuna sirip kuning hasil tangkapan nelayan untuk dijadikan oleh-oleh.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Kondang Merak
By : instagram.com/livyah08

Agar bisa sampai ke tujuan, rute menuju lokasi pantai kondang merak ini satu arah ketika menuju Balekambang. Pengunjung langsung saja menuju rute Balekambang. Dari pusat kota Malang, silakan ikuti arah ke selatan yang akan melalui Gadang. Apabila sesudah melewati Gadang, maka selanjutnya ikuti petunjuk arah menuju Bululawang dan Krebet.

Para pengunjung akan menemukan pertigaan Krebet. Di sana terdapat petunjuk arah menuju Gondanglegi dan Pantai Balekambang. Ketika sampai di Gondanglegi, silakan ikuti saja petunjuk Pantai Balekambang hingga sampai di Desa Bantur. Selama perjalanan, pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah dengan melewati pegunungan dan beberapa area perkebunan milik warga setempat.

Ketika sampai di perempatan saat menuju pantai balekambang, silahkan belok ke kanan untuk menuju pantai kondang merak. Dari sini lokasi pantai bisa dibilang tidak jauh lagi. Pengunjung bisa menikmati perjalanan sambil bersiul sebab melewati area perhutanan yang banyak terdapat burung-burung yang akan menyambut kedatangan pengunjung. Bahkan di sana, ada plakat yang bertuliskan “Silahkan menikmati perjalanan dengan Bersiul”.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung ialah senilai Rp.10.000 per orang. Bisanya akan diperlukan tambahan biaya untuk biaya parkir. Untuk roda dua, biaya parkirnya senilai lima ribu rupiah, sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir senilai sepuluh ribu rupiah.

Tips Berwisata Menuju Pantai Kondang Merak

Ada beberapa saran sekaligus tips bagi para pengunjung yang akan melakukan perjalanan ke pantai kondang merak ini. berikut adalah saran dan tips nya.

  1. Silakan cek kendaraan sebelum pergi. Hal ini dikarenakan sekitar 2km jalan menuju pantai masih tegolong terjal dan bergelombang. Medan yang terjal mengharuskan para pengunjung menggunakan kendaraan yang prima,
  2. tidak disarankan meuju pantai saat hujan karena medan jalan yang sangat sulit untuk dilalui,
  3. tetap jaga kebersihan alam di sana dan keselamatan diri masing-masing.

Untuk anda yang gemar sekali dengan berfoto ria, anda bisa melihat ulasan kami sebelumnya tentang Spot Foto di Malang.

Gambar Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak
By : instagram.com/annishaulab
Pantai Kondang Merak
By : instagram.com/eirnae
Pantai Kondang Merak
By : instagram.com/kopintar

Demikianlah informasi mengenai pantai kondang merak. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda. Jadi kapan kita ke pantai bareng?

Leave a Comment