Makanan Khas Riau

Makanan khas Riau memang tidak begitu terkenal dan populer di seluruh wilayah Indonesia. Tetapi olahan yang berasal dari provinsi Riau cukup unik, enak dan patut untuk dicoba. Nah, untuk anda yang sedang berlibur ke Riau mungkin anda bisa mencoba beberapa menu masakan khas daerah Riau.

Mencicipi menu makanan khas di daerahnya sendiri memang merupakan hal terbaik yang bisa kita coba. Apalagi bagi pecinta kuliner tentunya akan lebih istimewa dari pada mencoba makanan yang tidak dari daerah asalnya.

Untuk anda yang ingin mencicipi makanan khas Pekanbaru Riau ini, anda bisa simak ulasan kami tentang Tempat Makan di Pekanbaru.

Nah langsung saja berikut ini adalah daftar makanan dari daerah Riau.

Makanan Khas Riau yang Populer

1. Lempok Durian

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/lina_liem10

Makanan yang satu ini sangat rekomended bagi penggemar durian. Bentuk dari makanan ini adalah bulat. Cita rasa dari lempok ini sangat identik dengan rasa durian.

Sedangkan untuk tekstur makanan hampir sama dengan tekstur dodol. Karena itulah lempok durian disebut juga dengan dodol durian.

2. Lakse

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/kulinermelayubatam

Lakse adalah olahan mie khas Riau. Makanan ini merupakan perpaduan antara olahan China dan Melayu. Bentuk mie lakse sangat khas, lebih tebal daripada mie lain. Bahkan mie lakse adalah mie dengan tekstur paling tebal diantara jenis mie lainnya.

Penyajian dari lakse ini dengan berbagai macam topping. Namun topping utama dari lakse adalah sambal. Karena itulah cita rasa dari olahan mie ini identik dengan pedas.

3. Roti Jala

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/woon.heng

Sekilas roti tradisional dari Riau ini sangat mirip dengan bentuk mie instan. Tetapi nama dari roti ini diambil dari jala. Karena penduduk Riau menganggap bentuk dari roti ini sama seperti bentuk jala.

Umumnya roti jala ini tidak disantap sebagai camilan. Namun disajikan dengan kuah kari kambing dan acar nanas.

4. Kue Bangkit

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/e_ndro

Kue ini adalah salah satu olahan dari tepung sagu. Tekstur dari kue ini sangat manis, lembut dan lumer ketika dimakan. Warna dari kue sangat natural, yaitu putih yang merupakan warna natural dari sagu itu sendiri. Di Riau sendiri kue Bangkit merupakan hidangan wajib ketika lebaran.

Bentuk dari kue ini sangat menarik, menyerupai bunga matahari. Karena itulah kue bangkit sangat disukai oleh anak – anak di Riau.

5. Mie Sagu

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/bundogafi

Makanan satu ini adalah makanan yang unik dan langka. Dengan berbahan dasar sagu dan hanya terdapat di daerah Riau membuat mie sagu menjadi kuliner yang sangat otentik dengan daerah Riau.

Biasanya sagu dibuat roti, bapeda, kue dan lain – lain. Tetapi di daerah Riau sagu dijadikan sebagai mie. Tekstur dari mie sagu juga sangat mudah ditebak, yaitu kenyal seperti bapeda namun lebih keras.

Penyajian dari mie sagu berbeda dari mie pada umumnya. Topping yang digunakan berupa irisan daun kucai, taoge dan ikan bilis.

6. Dodol Kedondong

Jenis makanan ini cukup unik, karena menggunakan buah yang biasanya digunakan dalam rujak kini diolah menjadi dodol. Bentuk dan tekstur dodol kedondong sama seperti dodol pada umumnya. Tetapi dodol yang satu ini sangat identik dengan rasa buah kedondong yang segar.

Cara pembuatan dodol ini sama seperti dodol lainnya. Tetapi pertama – tama, kedondong dikupas dan dibuang isinya terlebih dahulu. Kemudian rebus kedondong hingga halus dan kental. Setelah itu, kedondong dapat diolah menjadi dodol.

7. Viz Cake

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/ulie.makgil

Viz cake termasuk ke dalam jenis roti bolu. Tetapi roti bolu Riau mempunyai bentuk yang unik, yaitu silinder. Sayangnya sebagian besar orang menyebut roti ini berbentuk roll. Tetapi hal ini mungkin kurang tepat, karena salah satu roti bolu Medan yaitu roti Merantai.

Bentuk dari Viz cake sangat berbeda dengan roti Merantai Medan. Roti bolu Medan tersebut berbentuk spiral. Sedangkan Viz cake hanya berbentuk roll dan bukan spiral.

Pada bagian tengah terdapat berbagai macam varian rasa, seperti coklat, nanas serta durian.

8. Mieso

Makanan khas Riau ini merupakan olahan mie. Ada 2 macam mie yang terdapat pada mieso, yaitu mie telur / mie kuning dan mie putih / mie bihun. Penyajian dari mieso dengan kuah kaldu dan diberi pelengkap seperti tahu goreng, kulit ayam goreng, ayam goreng suwir serta tulang ayam.

9. Cincalok

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/imtheresa0401

Cincalok merupakan jenis olahan sambal yang sangat khas dari Riau. Pembuatan dari cincalok membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar ±30 hari. Olahan makanan ini berbahan dasar udang kecil dengan genus acetes. Udang tersebut difermentasikan dengan campuran nasi dan garam.

10. Gulai Siput

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/susis3403

Makanan yang satu ini juga termasuk ke dalam makanan unik dan langka. Sekilas makanan ini bukan termasuk ke dalam makanan ekstream, sebab siput bukan termasuk hewan buas.  Tetapi cukup menjijikan mengingat hewan ini berlendir.

Olahan khas Riau ini memanfaatkan siput untuk diolah menjadi gulai. Rasa dari tekstur siput cukup kenyal dan gurih dengan rempah – rempah gulai.

11. Lopek Bugi

Lopek bugi adalah kue tradisional yang awalnya merupakan makanan kerajaan. Namun kini lopek bugi dapat dijumpai di berbagai daerah. Jajanan tradisional ini dibuat dari ketan dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus.

12. Gong Gong

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/regie_delrosario_ramos

Gong gong ini adalah olahan dari siput. Penyajian dan pengolahan gong gong sangat sederhana. Siput dalam keadaan utuh di dalam cangkang direbus. Lalu disajikan dengan sambal. Cara makan gong gong cukup rumit, sebab harus mengeluarkan siput terlebih dahulu dari dalam cangkang.

13. Keripik Nanas

Makanan Khas Riau
By : instagram.com/dried_fruit_happinaz

Keripik Nanas menjadi olahan khas daerah Riau yang jarang dijumpai di daerah lain. Makanan berbahan dasar nanas ini mempunyai rasa yang sangat manis dan renyah.

Itulah daftar makanan khas Riau yang unik dan termasuk olahan cukup langka.

Leave a Comment