Makanan Khas Malang

Sebagai wilayah yang penuh dengan pariwisata, makanan khas Malang harus patut untuk dicoba. Makanan tersebut dapat menemani wisatawan yang hendak berkunjung di Malang. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa anda jadikan sebagai oleh oleh juga untuk keluarga anda di rumah.

Jika anda ingin langsung mencicipi masakan khas daerah Malang ini, anda bisa langsung berkunjung ke beberapa rumah makan yang pastinya menyajikan menu khas kota pariwisata ini. Anda bisa simak ulasan kami sebelumnya tentang Tempat Makan di Malang.

Pastinya banyak sekali yang bisa anda coba saat anda berwisata di kota Malang ini. Terlebih lagi jika anda memang merupakan pecinta kuliner jawa timuran. Dijamin pasti nagih.

Berikut ini daftar menu makanan khas Malang yang bisa anda coba.

Makanan Khas Malang Jawa Timur

1. Pecel Kawi

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/novita_ken_suwarno

Olahan pecel yang satu ini cukup berbeda dari pecel pada umumnya, yaitu pecel Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sebab Pecel kawi tidak hanya menggunakan bahan dasar sayur – sayuran yang direbus, melainkan juga menggunakan tempe goreng, sate dan keripik.

2. Hok Lay

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/kho_mery

Hok lay adalah salah satu makanan yang diadaptasi dari china. Makanan yang satu ini juga disebut dengan lumpia di daerah Semarang.

Perbedaan antara Hok Lay dan lumpia terletak pada isinya. Jika lumpia Semarang menggunakan isian sayur – sayuran, seperti wortel, kentang dan lain – lain. Untuk Hok Lay menggunakan isian yang berupa daging, misalnya daging ayam yang dicampur dengan rebung.

3. Cwie Mie

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/kukipiyo

Olahan yang satu ini juga diadaptasi dari china. Ciri khas dari olahan mie yang satu ini adalah tanpa kuah, namun pengolahannya tidak digoreng.

Cwie Mie biasaya disajikan pangsit. Kemudian juga terdapat berbagai macam topping seperti udang, tahu bakso, taoge dan lain – lain. Makanan ini ada yang disajikan dengan rasa pedas dan non pedas.

4. Mie Gajah Mada

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/ayonjajal

Makanan mie yang satu ini merupakan salah satu kuliner tertua yang berasal dari Malang. Walaupun tergolong ke dalam mie yang sangat kuno, namun makanan yang satu ini masih menjadi makanan favorit setiap orang. Serta masih bertahan dan tidak terpengaruh atas perkembangan maupun pergeseran kebudayaan.

Sekilas mie Gajah Mada hampir sama dengan cwie mie, yaitu sama – sama olahan mie tanpa kuah. Namun untuk mie yang satu ini disajikan dengan jamur dan bakso sapi.

5. Sego Resek / Nasi Resek

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/mbak_r_sby

Nama dari makanan yang satu ini cukup unik, yaitu sego resek / nasi resek. Tetapi olahan yang satu ini hanya olahan nasi goreng.

Akan tetapi tampilan dari makanan ini cukup berbeda dari nasi goreng. Penyajian dari nasi resek jauh lebih kompleks daripada nasi goreng. Makanan disajikan bersama taoge, kubis, ampela, ayam goreng suwir, telur goreng, daun bawang dan lain – lain.

6. Sate Landak

Kuliner yang satu ini terdengar cukup ekstream. Karena sate landak merupakan jenis olahan hewan liar. Oleh sebab itu, ketika hendak mencoba makanan ekstream yang satu lupakan sejenak tentang hewan landak yang merupakan bahan utama dari sate ini.

Meskipun ekstream, rasa dari daging landak lumayan enak. Tekstur dari daging ini kenyal dan agak keras.

7. Kue Putu Lanang

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/kmssadiyah

Kue tradisional yang satu ini sama seperti kue putu di daerah lain. Hanya saja warna dari kue putu lanang adalah putih. Sedangkan warna dari kue putu lain identik dengan warna hijau.

Untuk bentuk dan isian dari kue putu ini sama seperti kue putu lain. Yaitu berbentuk silinder dan gula merah.

Oh iya jika anda ingin mencari oleh oleh untuk keluarga, anda bisa simak ulasan kami tentang Oleh-Oleh Khas Malang.

8. Es Campur Bromo

Hal yang menarik dari makanan yang satu ini adalah bentuknya. Bentuk dari es campur Bromo adalah kerucut yang menyerupai dengan bentuk gunung.

Makanan khas Malang  satu ini adalah es sebut dan disiram dengan berbagai macam sirup. Untuk topping dari es juga sangat variatif dan dapat disesuaikan dengan selera.

9. Orem-orem

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/dyodoran

Olahan yang satu ini mempunyai nama yang sangat unik. Orem-orem pada dasarnya hanya berupa olahan dari ketupat. Cara penyajian dari orem-orem juga hampir sama dengan olahan ketupat di daerah lain.

Tetapi ciri khas dari orem-orem adalah kuah yang digunakan seperti kuat sayur lodeh, namun lebih kental. Cara penyajian makanan yang satu cukup sederhana dan hanya dengan olahan daging ayam, tempe goreng serta mendol.

10. Mendol

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/chrismanabee

Makanan yang satu ini adalah olahan tempe khas Malang. Jenis dari olahan ini pun juga tidak dapat dijumpai di daerah lain.

Mendol termasuk olahan tempe yang unik. Sayangnya olahan yang satu ini hanya terkenal di daerah Malang. Sedangkan di daerah lain sangat asing. Padahal tempe adalah makanan lokal yang sangat digemari setiap orang.

Cara mengolah mendol cukup mudah. Langkah pertama, tempe dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian dicampur dengan bumbu, lalu dibentuk kotak. Selanjutnya digoreng.

11. Nasi Buk

Olahan yang satu ini berasal dari Madura dan diadaptasi di Malang. Nasi Buk ialah nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk. Jenis lauk yang digunakan sangat kompleks. Lauk tersebut meliputi mendol, sayur rebung, sayur tewel, ayam goreng, sayur jantung pisang, bakwan jagung, empal dan lain – lain.

12. Angsle

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/fathfoodid

Angsle merupakan minuman yang dapat menghangatkan badan. Bahan utama yang digunakan pada minuman ini adalah jahe. Selain kuah jahe, angsle mempunyai isian yang sangat kompleks seperti roti tawar, tape singkong, kacang hijau, kacang tanah, santan serta ketan petulo. Dengan isian yang sangat kompleks, minuman ini bukan hanya sekedar menghangatkan badan tetapi juga cukup mengenyangkan.

13. Tahwa

Makanan Khas Malang
By : instagram.com/fridajoincoffee

Tahwa merupakan makanan yang berasal dari China. Olahan yang satu ini berbahan dasar tahu putih yang sangat halus serta lembut. Makanan ini disebut juga dengan kembang tahu.

Tahwa pada dasarnya termasuk ke dalam jenis minuman. Meskipun mempunyai tampilan seperti bubur. Cara untuk membuat tawha cukup mudah. Tahu putih lembut direndam dengan air rebusan jahe yang telah dicampur dengan gula merah.

Itulah daftar 13 makanan khas Malang. Daftar makanan tersebut merupakan referensi wisata kuliner ketika berkunjung ke Malang.

Leave a Comment