Makanan Khas Betawi

Makanan Khas Betawi – Salah satu suku yang ada di Jakarta adalah suku Betawi. Apakah Anda tahu bahwa suku yang satu ini memiliki berbagai makanan khas yang super lezat? Namun seiring dengan perkembangan zaman, beberapa makanan khas Betawi ini sulit ditemukan bahkan dapat dikatakan hampir punah. Salah satu kendalanya yaitu bahan-bahan yang sulit ditemukan.

Untuk anda yang memang kebetulan berlibur ke Jakarta, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi beberapa rumah makan yang menghidangkan masakan khas Betawi. Jika anda ingin tahu rekomendasinya, silahkan simak ulasan kami tentang Tempat Makan di Jakarta.

Pastinya ada beberapa resto yang menyajikan makanan tradisional tersebut, khususnya makanan khas Betawi tempo dulu. Meskipun bisa dibilang makanan orang Betawi ini memang sudah sulit untuk dicari.

Baca Juga : Cafe di Jakarta

Nah, lantas apa saja makanan khas asal Betawi yang memiliki cita rasa yang nikmat ini? Berikut ini beberapa makanan khas Betawi yang tidak boleh dilewatkan

Makanan Khas Betawi Wajib Anda Coba

1. Nasi Ulam

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/shashahew

Salah satu Makanan Khas Betawi yang cukup populer yaitu Nasi Ulam. Makanan ini tidak sekedar makanan khas saja, tetapi juga terpengaruh dengan budaya kuliner Cina. Jenis nasi yang digunakan yaitu nasi pera dengan diramaan semur. Semur yang digunakan yaitu semur kentang, semur telur maupun semur tahu. Kini nasi ulam semakin bervariasi dengan adanya beberapa tambahan lain seperti cumi asin goreng, telur dadar, perkedel kentang dan bihun goreng.

2. Nasi Uduk

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/taunyamakan

Nasi uduk juga menjadi nasi yang tidak kalah populernya dengan nasi ulam. Makanan ini sering dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari nasi uduk adalah nasi putih. Nasi putih tersebut ditanah menggunakan santan dan beberapa rempah lainnya. Sehingga cita rasa nasi menjadi lebih nikmat.

3. Nasi Kebuli

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/aiko_sarwosri

Nasi Kebuli merupakan makanan khas yang populer di kalangan warga betawi keturunan arab. Makanan ini dibuat dengan cara nasi ditanak bersama kadu kambing dan susu kambing atau santan.

4. Gado-gado

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/don_gendonesia

Kurang lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Ibu Kota namun tidak menyempatkan diri menikmati makanan khas yang satu ini. Gado-gado menjadi salah satu kuliner kebanggaan tanah air. Gado-gado berisi ketupat / lontong, sayur-sayuran, bawang goreng dan kerupuk. Makanan ini tidak hanya lezat disantap ketika sarapan saja, tetapi juga nikmat untuk makan siang dan makan malam.

5. Ketoprak

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/aaronhandajani

Ketoprak hampir mirip seperti gado-gado yang sering dinikmati sebagai makan siang. Rasa khas, mengenyangkan dan harga yang murah membuat makanan ini banyak diminati. Ketoprak terdiri dari lontong, saus kacang, tahu goreng dan beberapa sayuran mentah.

6. Pindang Bandeng

Pindang tidak hanya sebagai makanan khas Palembang saja, buktinya adanya Pindang Bandeng yang merupakan makanan khas Betawi. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan segar. Pindang Bandeng khas Betawi hampir menyerupai semur tetapi ada tambahan belimbing wuluh dalam masakannya.

7. Laksa Betawi

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/im_as_cool

Menu masakan Betawi selanjutnya adalah Laksa Betawi yang berasal dari daerah Cibinong, kemudian merambah ke daerah betawi. Sehingga makanan ini dinamakan Laksa Betawi. Laksa berisi bihun, kucai, telur, perkedel dan kemangi. Rasa dari Laksa Betawi berbeda dengan laksa di tempat lain yaitu memiliki citarasa yang gurih dan manis.

8. Soto Tangkar

Soto Tangkar merupakan makanan khas Betawi tempo dulu yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Daging yang digunakan pada soto yaitu iga sapi. Dinamakan tangkar karena bagian iga sapi hanya memiliki sedikit daging saja.

Zaman dahulu orang Betawi tidak kuat untuk membeli daging sapi, sehingga hanya dapat membeli iga sapi saja. Dengan kekreatifan orang Betawi, iga sapi diubah menjadi soto tangkar yang lezat.

9. Soto Betawi

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/inovpelawi

Daging yang digunakan pada Soto Betawi yaitu daging sapi. Perpaduan daging sapi, tomat, kentang dan santan membuat soto Betawi begitu nikmat. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan gurih. Biasanya soto betawi disajikan bersama dengan nasi putih sebagai makan siang.

10. Taoge Goreng

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/mymom_lenaningsih

Taoge Goreng sangat mudah Anda dapatkan di daerah Ibu Kota ini. Selain harga yang murah, makanan ini juga mengandung gizi yang cukup baik. Taoge goreng biasanya disajikan bersama dengan mie kuning dan daun kucai. Pelengkap dari Taoge goreng yaitu tauco dan oncom. Sehingga makanan ini memiliki rasa asam, gurih dan manis yang menyatu.

11. Sayur Babanci

Meskipun namanya Sayur Babanci atau sering dikenal Ketupat Babanci, namun makanan khas daerah Betawi ini sama sekali tidak ada bahan yang berasal dari sayuran. Cita rasa khas dari sayur Babanci membuat makanan ini sering diburu para pecinta kuliner. Namun kini Anda kan kesulitan untuk menemukannya. Karena ada beberapa bahan dari sayuran Babanci yang sulit ditemukan atau langka.

12. Asinan Betawi

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/cemalcemil.bekasi

Makanan selanjutnya yaitu asinan yang menggunakan aneka sayuran seperti sawi, kubis, taoge dan sebagainya. Asinan ini dibuat dengan teknik pengacaran yaitu diasinkan menggunakan garam dan cuka untuk rasa asam.

13. Kerak Telor

Makanan Khas Betawi
By : instagram.com/mafihouse

Kerak Telor adalah nasi yang dicampur dengan telur dan beberapa bumbu pendukung lainnya. Cara memasaknya yaitu dengan memanggangnya di atas kuali dan dibawahnya menggunakan tungku arang.

Makanan Khas Betawi dapat menjadi pilihan tepat Anda untuk berwisata kuliner. Makanan khas tentu terasa lebih nikmat ketika dimakan di tempat asalnya bukan? Nah, ketika berkunjung ke Kota Metropolitan, jangan lewatkan berbagai makanan khas Betawi tersebut.

Leave a Comment