Makanan Khas Bandung

•

Makanan khas Bandung jadi salah satu makanan yang banyak digandrungi oleh pecinta Kuliner Nusantara. Dengan rasa yang lezat serta ciri khas tertentu membuatnya dari makanan khas daerah lain. Bukan hanya berbentuk makanan berat tetapi juga makanan ringan.

Jika anda pecinta kuliner, pastinya sudah tahu beberapa menu khas dari daerah Bandung dan mungkin sudah pernah mencobanya.

Namun, untuk kali ini momokiro tidak hanya memaparkan makanan khas kota Bandung yang berat saja loh. Tapi juga makanan ringan khas Bandung seperti Surabi, Batagor dan Cireng akan kami ulas disini.

Untuk anda yang memang ingin menikmati menu makanan bisa anda lihat dari ulasan kami sebelumnya tentang Tempat Makan di Bandung

Langsung saja tanpa basa basi lagi, apa saja makanan khas Bandung itu? berikut ulasan selengkapnya

Makanan Khas Bandung yang Enak dan Populer

1. Tutug Oncom

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/pangandaran_eatery

Makanan khas dari Bandung ini terbuat dari nasi yang disertai dengan bumbu oncom dengan tambahan sedikit tepung tapioka. Adapun cara pengolahannya ialah dibakar dari segi penyajiannya biasanya nasi tutug oncom berpadu dengan sambal sayuran dan juga kerupuk.

Rasanya juga sangat gurih dan nikmat hingga digemari oleh masyarakat Jawa Barat. Selain itu para wisatawan yang datang ke Bogor tidak jarang nasi yang satu ini.

Oh iya, hampir sama dengan makanan khas Sunda karena suku Sunda memang menempati wilayah Jabar yang berarti di kota Bandung juga.

2. Surabi

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/tourpanduprima

Makanan yang satu ini memang sangat melekat dengan Kota Kembang Bandung. Nama lain dari makanan ini adalah serabi yang merupakan olahan dari tepung beras yang dimasak menggunakan tungku. Surabi disajikan dengan rasa manis dicampur dengan kuah gula.

Tetapi kini, banyak produsen yang menawarkan topping baru mengingat rasa surabi yang tawar sehingga mudah dipadukan dengan rasa lainnya. Oleh karena itulah sudah banyak varian rasa yang bisa ditemukan untuk surabi.

3. Perkedel Bondon

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/peternugraha

Makanan khas Bandung ini hampir mirip dengan perkedel pada umumnya. Adapun nama Bondon yang terdapat pada makanan ini cukup unik karena dalam bahasa Sunda Bondon memiliki arti yang merujuk pada wanita-wanita penghibur malam.

Adanya penggunaan sebutan kata Bondon karena dulunya perkedel tersebut hanya dijual ketika malam dengan konsumen utamanya wanita-wanita yang baru pulang dari diskotik.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat perkedel Bondon ini ialah kentang yang sudah notabene kerap dipakai sebagai komposisi utama dari perkedel.

4. Batagor

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/sasmitaedo

Makanan khas Bandung berikutnya yang terkenal dengan harga murah dengan rasa yang nikmat adalah batagor atau bakso tahu goreng. Makanan ini sebenarnya merupakan hasil akulturasi Indonesia dan Tionghoa. Batagor dibuat dari adonan tepung tapioka yang kemudian dimasukkan ke dalam kulit pangsit sebelum digoreng.

Tetapi karena perkembangan selera dan juga kreativitas, adonan tersebut kini juga ditambah dengan ikan tenggiri. Untuk melengkapinya, ada saus kacang yang punya perpaduan rasa pedas dan gurih.

5. Cuankie

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/omdoyanjajan

Makanan khas Bandung yang satu ini mungkin tidak sepopuler makanan khas Bandung lainnya. Makanan ini merupakan makanan endemik yang ada di Kota Kembang. Pemberian nama cuanki, ternyata berasal dari rangkaian kata “cari uang jalan kaki”. Hal ini disebabkan dulu hingga sekarang, kebanyakan yang menjualnya menggunakan gerobak.

Cuankie ini merupakan makanan berkuah yang isinya berupa bakso, tahu, dan siomay dengan tampilan kuah yang bening. Bukan hanya isian tersebut, cuankie juga sering disajikan bersama dengan keringan sebagai menu pendamping nya. Meskipun penjualnya banyak yang berjalan kaki, namun ada juga yang berjualan menetap di warung-warung.

6. Rujak Cuka

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/dodechannel

Rujak adalah kuliner dari buah-buahan dan juga sayuran yang bercampur dengan kuah rasa manis dan asam. Sekilas, rujak ini memang mirip dengan rujak pada umumnya namun perbedaannya terdapat pada cuka yang ditambahkan sehingga rasa asam cukup mendominasi. Dari segi kuahnya rujak cuka ini terbilang lebih encer dibandingkan dengan rujak-rujak lainnya selain itu buah-buahan yang dipakai akan dipotong-potong dengan ukuran kecil dan bercampur dengan sayur kol dan tauge.

7. Bageur

Makanan Bandung yang tidak kalah khas selanjutnya adalah Bageur. Makanan ini sekilas dilihat merupakan perpaduan dari bentuk bakpao dan juga burger. Kuliner ini adalah asli dari Bandung. Meskipun kedua kombinasi yang disebut di atas merupakan makanan luar negeri. Makanan ini begitu menggoda karena terdiri dari potongan bakpao pada bagian atas yang dilengkapi dengan irisan selada, daging, bawang bombay, mayonaise tomat, keju dan ditutupi lagi dengan bakpao.

8. Lotek

Lotek merupakan semacam olahan dari berbagai macam sayuran yang diurap menggunakan bumbu kacang. Makanan ini asli berasal dari dataran Sunda dan Bandung. Jika dilihat sekilas, memang mempunyai kemiripan dengan gado-gado Jakarta, karedok dan juga pecel. Namun terdapat perbedaan yang mencolok. Adapun ciri utama dari lotek ini ialah mempunyai aroma kencur yang lebih terasa dan penggunaan bumbunya yang sudah bercampur dengan kentang halus rebus. Cara memasaknya pun lebih sering dimakan dengan lontong dan juga ketupat. Kerupuk dan bawang goreng makanan lotek ini semakin nikmat.

9. Peuyeum

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/rinikonoa

Makanan khas Bandung bernama Peuyeum merupakan makanan yang pada umumnya dijadikan oleh-oleh. Makanan ini dibuat dengan cara fermentasi dalam bahasa Indonesia makanan ini juga sering disebut dengan tape ada dua jenis yaitu terbuat dari beras ketan dan juga dari singkong. Makanan khas ini memang sangat populer di Bandung dan mudah diingat dan ditemukan karena banyak penjual yang menjajakannya.

10. Oncom

Selanjutnya ada oncom yang menjadi makanan khas Bandung. Makanan khas Bandung ini memiliki kemiripan dengan tempe. Meskipun memiliki kemiripan dengan tempe, namun ada warna oranye yang mengelilinginya membuat perbedaan di antara keduanya. Pembuatan oncom khas Bandung ini menggunakan bahan dasar kacang tanah sehingga akan menghasilkan oncom kacang. Selain itu, ada juga oncom yang dibuat dari ampas kelapa. Dalam pembuatan oncom ini, bahan ragi yang dibuat berbeda dengan tempe karena dari segi jamurnya menggunakan Neurospora Sitophila. Jamur itu pula lah yang membuat oncom warna orange.

11. Colenak

Colenak merupakan makanan khas Bandung yang yang lebih dulu dibakar dan ditambah dengan sambal dengan dasar parutan kelapa dan gula merah. Rasa gurih dari parutan kelapa ditambah dengan gula merah memang selalu jadi perpaduan yang nikmat untuk dirasakan para pecinta kuliner.

12. Cireng

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/baperinstanbandung

Cireng sangat melekat dengan Kota Kembang Bandung. Cireng adalah kan dari aci goreng menggunakan adonan tepung kanji yang selanjutnya digoreng. Adonan tersebut bukan hanya dari aci maupun tepung saja tetapi ada tambahan berupa tepung terigu bawang putih merica bubuk garam air kedelai dan juga daun bawang.

13. Karedok

Makanan Khas Bandung
By : instagram.com/ipink_nicole

Selanjutnya ada karedok yang menjadi makanan khas Bandung yang terkenal dengan lezatnya campuran sayur-sayuran segar yang disiram dengan bumbu kacang. Penggunaan sayur dalam makanan ini memang terbilang unik karena lebih dulu dimasak. Adapun sayur yang dijadikan karedok ini adalah kemangi kol mentimun terong dan kacang panjang dalam juga tauge.

Itulah informasi mengenai makanan khas Bandung yang bisa dijadikan referensi sekaligus menambah wawasan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment