Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali boleh Anda coba ketika Anda sedang berkunjung ke pulau dewata Bali ini. Menikmati hidangan makanan dari tanah kelahiran akan terasa lebih nikmat dibanding Anda membeli makanan tersebut di wilayah lain yang bukan daerah asal makanan tersebut.

Untuk anda yang memang pecinta kuliner, mungkin ingin sekali bisa menikmati makanan khas daerah Bali ini. Perlu kita tahu, karena Bali merupakan mayoritas non muslim bukan berarti kuliner di Bali tidak ada yang halal loh. Ada banyak juga makanan terkenal di Bali yang halal yang bisa anda nikmati.

Baca Juga : Tempat Nongkrong di Bali

Selain itu, makanan tradisional Bali juga ternyata memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Hal ini dikarenakan bumbu yang digunakan merupakan resep yang sudah dipertahankan sejak dulu.

Setiap resto atau tempat makan di Bali juga sudah banyak menyajikan berbagai menu western dan menu tradisional. Bahkan konsepnya juga bisa anda gunakan sebagai tempat foto foto yang menarik. Nah, jika anda mencari spot fotografi coba simak ulasan kami tentang Spot Foto di Bali.

Nah, untuk anda yang memang sudah tidak tahan apa saja makanan orang Bali yang enak ini. Berikut ini beberapa makanan khas Bali yang enak dengan harga terjangkau.

Makanan Khas Bali Paling Enak dan Populer

1. Betutu

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/warunkmakandibali

Salah satu Makanan Khas Bali yang boleh Anda coba yaitu betutu. Makanan ini berbahan dasar karkas utuh itik atau ayam yang dimasak dengan cara dibakar. Cara memanggangnya yaitu dengan membungkusnya menggunakan daun pisang yang membutuhkan waktu selama 24 jam. Rasa dari masakan ini adalah sangat gurih dan pedas dengan tekstur yang lembut.

2. Sate Lilit

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/ayudiahrespatih

Makanan khas selanjutnya yaitu sate lilit yang dapat terbuat dari ayam, ikan tenggiri maupun babi. Sebelum sate di lilit, daging dicincang halus dan diramu dengan bumbu-bumbu Bali. Kemudian adonan tersebut dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Rasa masakan sangat gurih dan empuk.

3. Nasi Jinggo

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/warung_jikelle

Nasi Jinggo memiliki keunikan berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi tersebut ditambah dengan sambal super pedas dan hanya sekepalan tangan orang dewasa saja. Nasi Jinggo biasanya disajikan bersama daging ayam, tempe goreng dan mie goreng. Harga untuk seporsi makanan ini pun sangat murah.

4. Nasi Tepeng

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/gianyardaily

Nasi Tepeng yaitu makanan khas Bali halal yang berasal dari daerah Gianyar. Nasi disajikan dengan cukup lembek seperti bubur. Nasi tersebut kemudian dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali. Para pecinta masakan pedas tentu wajib mencicipi nasi tepeng ini. Nasi biasanya disajikan bersama dengan kacang merah, kacang panjang, nangka muda, terong, kelapa parut dan kelor.

5. Sate Plecing

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/infodenpasar

Kuliner khas Bali yang juga berasal dari Gianyar yaitu sate plecing. Sate yang ada di Bali ini berbahan dasar daging babi atau daging ayam yang dipotong-potong kemudian di tusuk. Yang membedakan yaitu bumbu yang digunakan, bumbu plecing. Plecing adalah sambal tomat yang dicampuri dengan cabe rawit, garam, terasi dan jeruk limau.

6. Lawar Kuwir

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/helloubud

Lawar kuwir pada umumnya diolah dengan campuran daging babi. Namun kini Anda dapat menikmati masakan ini dengan menggantinya dengan daging bebek. Masakan ini merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang diolah dengan bumbu khas Bali.

7. Tipang Blayak

Tipang Blayak merupakan makanan khas Bali tepatnya di Buleleng. Makanan ini mirip seperti lontong yang dililit memanjang menggunakan daun enau muda atau janur muda. Blayag dibumbui dengan olahan tepung beras dan campuran bumbu khas Bali. Tipang terasa begitu lezat ketika dilumpuri dengan bumbu kental yang mirip seperti santan ini.

8. Tipak Cantok

Mungkin tipak cantok masih terdengar asing di telinga Anda, namun Anda dapat memperoleh makanan ini di berbagai wilayah di Bali dengan mudah. Tipat berasal dari bahasa Bali yang artinya ketupat sedangkan cantok artinya di uleg. Isi dari tipak yaitu kacang panjang, kangkung dan tauge. Rasa tipak cantok akan semakin nikmat ketika disiram dengan bumbu kacang.

9. Rujak Kuah Pindang

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/bali_foodreview

Makanan khas yang tidak kalah lezatnya yaitu rujak kuah pindah. Makanan ini adalah rujak yang dibumbui dengan juah ikan tuna. Rasakan sensasi pedas ketika menyantap irisan mangga bersama campuran kuah pindang.

10. Rujak Bulung

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/ideresep.tv

Rujak yang tidak kalah nikmatnya yaitu Rujak Bulung. Rujak Bulung adalah rujak yang berbahan dasar rumput laut yang kemudian dibumbui dengan bumbu khas Bali. Seperti terasi, cabe rawit, kencur, kelapa parut dan kuah pindang.

11. Serombotan

Serombotan yaitu campuran sayur-sayuran seperti kangkung, kacang panjang, bayam, buncis, terong bulat, tauge dan pare. Kuliner khas Klungkung ini dibumbui dengan nama kalas yaitu santan yang berisi campuran lengkuas, bawang merah, kunyit ditumbuk, bawang putih, kencur dan ketumbar. Bumbu dikombinasikan lagi dengan bumbu pedas dan bumbu kacang.

12. Tum Ayam

Makanan Khas Bali
By : instagram.com/tasteofheritage

Tum Ayam merupakan sejenis pepes ayam yang dibungkus (tum). Cara membuatnya yaitu ayam yang sudah dibersihkan dipotong-potong yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, garam, kencur dan beberapa bumbu khas Bali lainnya. Adonan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak hingga matang.

13. Bagiak

Bagiak adalah makanan khas yang lezat untuk dijadikan sebagai camilan. Bagiak terbuat dari tepung sagu dengan rasa agak asin dan tekstur renyah. Makanan ini berbentuk bulat panjang yang kurang lebih lebih berukuran jempol orang dewasa. Kini Anda dapat menikmati bagiak dengan varian rasa seperti jahe, kacang, kayu manis dan susu.

Makanan Khas Bali siap menggoyangkan lidah ketika Anda menginjakkan kaki di pulau dewata ini. Anda tidak perlu khawatir mengenai harga yang ditawarkan pada setiap makanan khas Bali tersebut. Karena makanan ini tergolong terjangkau untuk seluruh kalangan.

Leave a Comment