Daftar Gaji Gojek Bulan Ini

Menggunakan jasa aplikasi Gojek merupakan kegiatan sehari hari, bahkan untuk mahasiswa. Lantas, berapa Gaji Gojek Bulan ini atau pernahkah kalian berfikir berapa sih untuk pendapatan Gojek perbulannya? Nah, Gojek merupakan jasa transportasi sepeda motor yang dapat dipesan secara online. Berbagai fitur seperti Goride, Gocar, Gofood dan maish banyak lainnya juga sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari.

Untuk dapat menggunakannya, Anda hanya perlu memesan layanan tersebut melalui aplikasi saja. Sekarang ini, Gojek memiliki popularitas cukup tinggi. Keberadaannya juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai kota besar Indonesia. Suksesnya Gojek menjadi jasa angkutan online juga membuka peluang yang bagus bagi perekonomian masyarakat. Karena dengan hadirnya perusahaan ini, peluang terbukanya lapangan pekerjaan pun semakin besar.

daftar gaji gojek

Bukan hanya itu saja, untuk promo gojek terbaru juga selalu diupdate dan disematkan berupa voucher yang nantinya bisa anda gunakan untuk berbelanja agar bisa mendapatkan harga yang lebih hemat. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya masyarakat yang mendaftar menjadi mitra Gojek.

Lantas, sebenarnya berapa gaji Gojek? Berapa besar gaji gojek 2022 menjadi informasi yang ingin diketahui, terutama oleh mereka yang ingin mendaftar menjadi mitra Gojek. Untuk mengetahui berapa besar gaji gojek per bulan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besar-kecilnya gaji gojek berikut ini.

Daftar Gaji Gojek Bulan Ini

Beberapa hal yang terpengaruh dalam pendapatan gaji gojek untuk per bulannya. Faktor yang menentukan juga terkait dengan keaktifan dari para driver yang semangat dalam menjalankan tugas. Semakin banyak perhari dalam menerima pesanan tentunya akan ada bonus tambahan lagi untuk para driver yang aktif tersebut. Nah berikut gaji gojek bulan ini yang bisa mempengaruhi tambahan nilai pendapatan perbulannya.

gaji gojek bulan ini

Lokasi Driver Gojek

Faktor pertama yang berpengaruh terhadap slip gaji gojek adalah lokasi dari driver tersebut. Pada umumnya, setiap daerah memiliki tarif sendiri-sendiri terkait biaya yang dikeluarkan untuk jasa angkutan di daerah tersebut.

Misalnya jasa transportasi umum di Jakarta, tentu tarifnya akan berbeda dengan di daerah Jogjakarta, Malang, ataupun Surabaya dan seterusnya. Nah, poin ini juga akan berpengaruh terhadap penghasilan yang akan didapatkan jika Anda menjadi mitra Gojek.

Biasanya, gaji yang didapatkan oleh mitra Gojek yang berada di kota-kota besar akan lebih besar jumlahnya jika dibandingkan dengan kota kecil. Hal ini disebabkan karena biaya hidup dikota besar lebih tinggi nilainya. Demikian juga dengan tarif ongkos yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan transportasi di daerah tersebut, yang biasanya akan lebih mahal.

Waktu Operasional

Faktor yang mempengaruhi gaji gojek selanjutnya yaitu waktu operasional. Dimana waktu operasional driver pada jam-jam sibuk biasanya lebih mahal tarifnya dibandingkan waktu normal.

Misalnya, jika pada waktu normal tarif yang dibayarkan penumpang adalah Rp 2000, 00 untuk tiap kilometer.  Maka pada waktu sibuk, tarifnya dapat naik menjadi Rp 2.500, 00 per-kilometer dan seterusnya.

Skema Tarif Yang Dibandrol

Skema tarif yang dibandrol oleh driver, pada umumnya menentukan berapa tarif yang harus dibayar oleh penumpang ketika memesan ojek online dalam tiap kilometer jarak tempuhnya dan juga dikali dengan berapa kali perjalanan penumpang yang didapatkan.

Menurut peraturan dari Kementerian Perhubungan, Tarif Batas Bawah (TBB) yang diberlakukan untuk Gojek semenjak bulan Maret 2020 adalah Rp 2.250 per kilometer. Kemudian Tarif Batas Atas (TBA) juga mengalami kenaikan. Dari yang semula Rp 2.500 menjadi Rp 2.650 per kilometer.

Tarif ini diberlakukan khususnya untuk daerah Jabodetabek dan sekitarnya. Namun diberbagai daerah lain, skema tarif ini mungkin mengalami penyesuaian. Selanjutnya hasil yang didapatkan oleh mitra Gojek tidak sepenuhnya diterima oleh mereka. Karena pihak Gojek memberlakukan sistem bagi hasil. Sistem bagi hasil ini dibuat dengan presentase 80:20. Dimana 80 % diterima oleh pihak mitra, sedangkan 20% lainnya adalah milik perusahaan.

Bonus Poin

Selain penghasilan yang didapatkan dari tarif layanan. Mitra Gojek juga bisa mendapatkan penghasilan dari banyaknya jumlah poin yang diperoleh driver. Poin-poin ini didapatkan oleh mitra seusai pelayanan. Dimana setelah melakukan pekerjaannya, driver biasanya akan mendapatkan poin.

Nah, poin-poin ini dapat kumpulkan, lalu nantinya bisa dikonversikan menjadi uang tunai dan ditukarkan sewaktu-waktu. Itung saja sebagai uang lembur yang nantinya jika diakumulasi dengan gaji pokok pendapatan gojek, tentunya sudah bisa lebih dari UMR setempat.

Begini Estimasi Pendapatan Driver Gojek

Berdasarkan ulasan di atas, mungkin Anda sudah memiliki gambaran mengenai berapa besar gaji Gojek, ya?  Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melakukan rincian yang mendetail sebagai berikut:

Semisal tarif bersih yang didapatkan driver pada jam sibuk adalah Rp 2.500 per kilometer. Kemudian di luar jam sibuk tarifnya adalah Rp 2000 per kilometer. Berikut perkiraan pendapatan yang di peroleh seorang driver Gojek, jika Ia beroperasi dari pukul 07.00-16.00 WIB.

  1. Pagi Hari (07.00-12.00 WIB)
  • Jika pada pagi hari driver mendapatkan 2 orderan pada jam sibuk. Sedangkan jarak tempuhnya adalah 10 km. Maka pendapatannya yaitu : 2.500 × 10 = 25.000.
  • Kemudian driver mendapatkan 4 orderan diluar jam sibuk dengan jarak tempuh 25 km. Maka pendapatannya : 2000 × 25 = 50.000
  • Dari perkiraan di atas, total pendapatan driver Gojek tersebut pada pagi hari adalah Rp 75.000.
  1. Sore Hari (13.00-16.00 WIB)
  • Jika seorang driver mendapatkan 6 orderan di jam sibuk dengan jarak tempuh 60 km. Maka pendapatannya adalah : 500 × 60 = 150.000
  • Kemudian ditambah 4 orderan diluar jam sibuk dan total jarak tempuhnya adalah 30 km. Maka pendapatannya : 2000 × 30 = 60.000.
  • Jadi, total pendapatan driver ini dimalam hari adalah 150.000+60.000 yaitu Rp 210.000,00.
  • Sedangkan dalam satu harinya, Driver tersebut menghasilkan pendapatan total 75.000+210.000 = Rp 285.000,00.

Jika mitra tersebut bekerja 26 hari dalam sebulan, kemudian memiliki rata-rata pendapatan seperti di atas, maka pendapatan bulanan mereka bisa mencapai Rp 7,4 juta. Itupun belum ditambahkan dengan akumulasi poin yang bisa ditukarkan menjadi uang.

Namun ini tentunya hanya perkiraan pendapatan semata. Mengingat bahwa penghasilan harian seorang driver Gojek sering naik dan turun tidak menentu. Namun bisa menjadi solusi untuk anda bisa beralih ke Gofood untuk anda yang berada di lokasi kampus atau kantor, karena layanan Gofood sendiri sudah menjadi hal yang wajar dan bahkan banyak sekali pengguna layanan ini terutara anak kos, orang kantor dan masih banyak lainnya.

Banyak yang mengeluhkan penghasilan gojek saat pandemi yang banyak mengalami penurunan. Mengingat banyak orang yang membatasi interaksi sosial, termasuk bepergian dan berbagai kepentingan lainnya. Tapi meskipun demikian, penghasilan menjadi seorang driver Gojek tetap  menggiurkan. Karena selain waktu kerja yang fleksibel, gaji Gojek juga cukup tinggi bahkan melebihi pendapatan UMR setempat.

Bagaimana, tertarik untuk menjadi mitra Gojek juga? Jika dikaji ulang, untuk anda yang belum bekerja, anda bisa join mitra untuk bisa mengisi waktu luang, berikut cara daftar gojek mudah untuk anda yang tertarik. Bisa juga untuk anda yang sudah ada pekerjaan namun masih memiliki waktu luang, dimana anda bisa menjadikan pekerjaan driver gojek ini menjadi pekerjaan sampingan karena waktu yang dibutuhkan disini sangat fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *