Cara Mendaftarkan GrabFood

Untuk anda yang ingin menaikkan penjualan dagangan anda, berikut cara mendaftarkan grabfood untuk anda yang memiliki bisnis kuliner. Kuliner saat ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan memiliki banyak peminat, terlebih saat ini tersedia layanan pesan antar dari GrabFood yang menjadikan bisnis ini punya banyak peminat. Nah untuk Anda yang kebetulan memiliki usaha kuliner, pada kesempatan kali ini akan kami bahas tentang cara mendaftarkan GrabFood untuk Anda semua.

Dengan mendaftarkan usaha kuliner pada GrabFood, maka kuliner yang Anda jual pun bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Semakin populer usaha Anda di GrabFood, maka hal ini pun akan menjadikan banyak pelanggan baru yang memesan.

cara mendaftarkan grabfood

Cara mendaftarkan GrabFood ini sendiri sangatlah mudah, selain itu juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Lalu bagaimana cara mendaftar di GrabFood? Dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar kesana?

Pada kesempatan kali ini, akan kami bahas tentang persyaratan dan juga cara mendaftarkan GrabFood yang bisa Anda coba lakukan nantinya.

Syarat Mendaftarkan GrabFood

Sebelum mendaftarkan usaha kuliner Anda di GrabFood, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sejumlah informasi dan dokumen yang harus disiapkan ini menjadi bukti identitas dari kepemilikan usaha tersebut benar-benar milik Anda.

1. Informasi Restoran

  • Nama usaha/restoran Anda
    Pada poin ini, sesuaikan dengan nama bisnis Anda yang tertera di banner toko.
  • Alamat usaha Anda beserta koordinat di dalam Google Maps
    Jangan lupa untuk melampirkan alamat usaha Anda secara jelas, lengkap beserta RT dan RW. Jika lokasinya berada di dalam mall atau pergedungan, maka harus menyertakan lantai dan nomor kios yang ditempati.
  • Nomor telepon usaha Anda
    Sertakan juga nomor telepon dari usaha yang Anda miliki, pastikan aktif dan bisa dihubungi
  • Email restoran
    Sertakan email dari usaha Anda sebagai salah satu syarat verifikasi
  • Foto luar dari usaha Anda
    Pada poin ini, pastikan banner usaha Anda terlihat di dalam foto. Sertakan juga foto owner yang sedang berada di depan banner toko tersebut
  • Foto tampak dalam restoran
    Pada poin ini, pastikan foto terlembut menampilkan kasir, meja makan dan juga dapur. Anda juga harus menyertakan foto owner usaha tersebut beserta dengan makanan yang dijual, pastikan foto tersebut nampak jelas, tidak blur, maupun dihalangi oleh objek lain.
  • Foto logo restoran
    Jika Anda memiliki logo atau ikon dari usaha tersebut, maka bisa disertakan. Namun hal ini sifatnya opsional, jadi tidak wajib melakukannya jika kebetulan belum memiliki logo.

2. Informasi Pemilik

  • Foto KTP
    Bagi warga Indonesia, maka wajib menyertakan foto KTP. Sementara bagi WNA maka bisa menggunakan foto passport. Pastikan jika foto KTP atau passport tersebut terlihat jelas informasi didalamnya.
  • Foto Selfie dengan KTP
    Dokumen selanjutnya dalam foto selfie owner sambil memegang KTP. Pada poin ini juga diharuskan informasi yang ada di dalam KTP terlihat jelas, serta wajah dari owner juga terlihat jelas. Untuk WNA bisa berfoto selfie dengan memegang Passport.
  • Foto NPWP
    Untuk poin ini, bisa dalam bentuk fotokopi saja

3. Informasi Bank

  • Nomor rekening akun tabungan
    Hal ini digunakan karena nantinya dalam GrabFood juga menyediakan layanan pembayaran secara digital yakni via transfer bank.
  • Foto buku tabungan atau Tampilan E-Banking
    Siapkan foto buku tabungan yang Anda miliki dengan informasi nomor rekening dan nama pemilik terlihat jelas.

4. Informasi Menu

  • Daftar menu
    Siapkan catatan daftar menu yang Anda jual beserta harganya.
  • Foto daftar menu
    Sebagai penguat, Anda juga harus menyiapkan foto menu makanan di usaha atau restoran tersebut. Pastikan informasi yang ada di dalam menu terlihat jelas, dan info menu dan harga yang tertera sesuai dengan yang tertera di aplikasi GrabFood nantinya.
  • Foto makanan
    Silahkan foto makanan yang Anda jual sebaik mungkin, karena nantinya hal ini akan meningkatkan minat beli dari konsumen.

Cara Mendaftarkan GrabFood

Setelah semua persyaratan di atas tadi sudah lengkap semua, maka untuk langkah selanjutnya adalah cara mendaftarkan GrabFood usaha kuliner yang Anda miliki. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sampai nantinya usaha kuliner Anda bisa masuk ke dalam layanan tersebut, berikut detail informasinya :

  1. Buat Profile Pebisnis Serta Lakukan Verifikasi Akun
    Jika Anda memang benar-benar baru pertama kali memakai layanan GrabFood Merchant, maka perlu membuat akun di platform tersebut. Untuk mendaftarkan diri, silahkan kunjungi laman resmi Grab berikut ini : https://www.grab.com/id/merchant/food/ .
    Anda klik menu “Daftar”, dan masukkan sejumlah informasi yang diperlukan seperti nama bisnis, alamat, nomor handphone, serta alamat email. Nantinya tim GrabFood akan memberikan kode verifikasi akun pada alamat email yang Anda cantumkan, maka dari itu pastikan jika alamat email tersebut masih aktif dan bisa diakses.
  2. Upload Informasi Usaha/Restoran
    Setelah email Anda berhasil terverifikasi, maka cara mendaftarkan GrabFood selanjutnya adalah dengan memasukkan informasi mengenai usaha atau restoran tersebut. Tim GrabFood akan menghubungi Anda dan menjelaskan mengenai langkah-langkah terkait pencantuman informasi dari usaha yang Anda miliki.
    Pihak GrabFood akan mengirimkan email kembali dan meminta Anda untuk memasukkan informasi yang diperlukan terkait usaha/restoran Anda.
  3. Tanda Tangan Kontrak
    Setelah tahap pendataan informasi usaha atau restoran tadi selesai, maka pihak GrabFood akan mengirimkan email kembali kepada Anda untuk melakukan tanda tangan kontrak. Sebelum itu, pastikan Anda baca isi kontrak tersebut mengenai syarat dan ketentuannya. Jika tidak keberatan, maka silahkan lakukan tanda tangan kontrak tersebut.
  4. Verifikasi Email Outlet
    Setelah tahap tanda tangan kontrak tadi selesai, maka Anda akan diminta melakukan verifikasi email kembali oleh pihak GrabFood dengan batas waktu 72 jam. Pastikan Anda melakukan verifikasi sebelum batas waktu yang tertera, jika sampai lebih maka proses verifikasi ini dinyatakan gagal.
  5. Proses Verifikasi OVO
    Cara mendaftarkan GrabFood selanjutnya kali ini adalah proses verifikasi OVO. Ini merupakan layanan digital wallet yang sudah resmi kerjasama dengan pihak GrabFood maupun Grab untuk pembayaran pesanan. Untuk itu, bagi para merchant Grabfood ini diwajibkan untuk mendaftarkan akun di OVO untuk platform pembayaran antara pemilik usaha dan konsumen.
    Nantinya tim dari OVO akan menghubungi Anda untuk proses validasi beserta verifikasi informasi mengenai usaha atau restoran tersebut.
  6. Proses Final dan Training
    Setelah semua persyaratan di atas sudah dipenuhi dan telah disetujui oleh pihak GrabFood, maka Anda akan mendapatkan email lagi dari pihak GrabFood mengenai training penggunaan aplikasi untuk merchant dalam berbisnis makanan secara online tersebut.
    Selain itu, Anda juga akan mendapatkan panduan mengenai cara mengaktifkan akun GrabFood Merchant tersebut sampai bisa digunakan.

Itu tadi sedikit ulasan tentang cara mendaftarkan GrabFood yang bisa kami sampaikan. Jika anda memang tertarik paling tidak bisa memudahkan penjualan menu makanan di ruko anda dan bisa menaikkan penghasilan bulanan anda. Cukup sekian semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa memperluas pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *